Other Menu

Sabtu, 14 September 2013

Komunikasi dan Ketrampilan Interpersonal (case study: PT Pura Barutama Kudus)



Manajemen sering mempunyai masalah tidak efektifnya komunikasi. Padahal komunikasi yang efektif adalah penting bagi manajer, paling tidak untuk dua alasan. Pertama, komunikasi adalah proses melalui mana fungsi-fungsi manajemen perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dapat dicapai. Kedua, komunikasi adalah kegiatan untuk para manajer mencurahkan sebagian besar proporsi waktu mereka.
Komunikasi dijadikan sebagai kunci untuk membuka potensi besar dari sumber daya manusia suatu organisasi. Komunikasi merupakan ketrampilan manajerial kritis dan landasan pokok untuk kepemimpinan yang efektif. Melalui komunikasi, para manajer membentuk dan mempertahankan hubungan intrpersonal yang diperlukan untuk berinteraksi dengan karyawan. Dengan adanya komunikasi, seorang manajer dapat mendengarakan orang lain dan memperoleh pemahaman yang dibutuhkan untuk menciptakan suatu lingkungan kerja yang termotivasi.
            Seorang manajer tidak dapat bertindak dengan baik tanpa menjadi seorang komunikator yang baik, dan “keterampilan komunikasi” sering diletakkan sebagai daftar utama atribut perusahaan pada calon karyawan. Ketrampilan seperti itu mencakup kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik disamping hubungan interpersonal, dalam berbagai macam bentuk public speaking. Hubungan interpersonal yang baik merupakan batu pondasi bagi efektivitas jaringan kerja.

Klik disini untuk download full version nya, atau disini untuk handout nya

Artikel Terkait

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply