Manajemen
sering mempunyai masalah tidak efektifnya komunikasi. Padahal komunikasi yang
efektif adalah penting bagi manajer, paling tidak untuk dua alasan. Pertama,
komunikasi adalah proses melalui mana fungsi-fungsi manajemen perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dapat dicapai. Kedua, komunikasi adalah
kegiatan untuk para manajer mencurahkan sebagian besar proporsi waktu mereka.
Komunikasi
dijadikan sebagai kunci untuk membuka potensi besar dari sumber daya manusia
suatu organisasi. Komunikasi merupakan ketrampilan manajerial kritis dan
landasan pokok untuk kepemimpinan yang efektif. Melalui komunikasi, para
manajer membentuk dan mempertahankan hubungan intrpersonal yang diperlukan
untuk berinteraksi dengan karyawan. Dengan adanya komunikasi, seorang manajer
dapat mendengarakan orang lain dan memperoleh pemahaman yang dibutuhkan untuk
menciptakan suatu lingkungan kerja yang termotivasi.
Seorang manajer tidak dapat
bertindak dengan baik tanpa menjadi seorang komunikator yang baik, dan “keterampilan
komunikasi” sering diletakkan sebagai daftar utama atribut perusahaan pada
calon karyawan. Ketrampilan seperti itu mencakup kemampuan untuk berkomunikasi
dengan baik disamping hubungan interpersonal, dalam berbagai macam bentuk
public speaking. Hubungan interpersonal yang baik merupakan batu pondasi bagi
efektivitas jaringan kerja.
0 komentar
Posting Komentar